ISLAM TIDAK HANYA 5 RUKUN

"Mari kita kita meluas dari zona 5 rukun. Jadikan 5 rukun sebagai pondasi dalam mencapai hakikat keislaman itu yang sebenarnya"
Kita cenderung mengaagungkan 5 Run di dalam islam!... dan tidak pula sedikit diantara kita yang menganggap hanya dengan menjalankan 5 rukun itu sudah cukup bagi seorang hamba dalam identitas keislamannya.
Ya identitas keislaman cukup dengan 5 rukun. Namun Islam tidaklah sesempit itu. Jika Islam hanya 5 rukun, rasulallah tidak perlu berperang, Rasullallah tidak perlu kembali ke bumi diwaktu israk Mij'rat. Rasulallah tidak perlu kawatir kepda umatnya sebelum meninggal, kekwatiran rasul itu terunhkap dengan kata Ummati-Ummati-Ummati yang zahir dari mulutnya sebelum meninggal.
Islam secara bahasa berasal Kata Yusallama, Yusallimu, yang berarti menyelamatkan/penyelamatan. Dari kata ini jelas islam bukan sekedar 5 rukun.
Islam adalah agama yang di ridhoi oleh allah Swt, Mengajarkan ajaran allah kepada makhluk, terutama manusia sebagai abdi tuhan / khulafarasidin yang bertanggung jawab menjaga dan mengelola muka bumi ini.
kata Rahmatan lillalamin sangat populer di kalangan dunia Islam, yang menjadi selogan pencapain diri. Karena memang islam mengajarkan kita untuk saling menyelamatkan, tolong-menolong untuk mencapai kemakmuran, kesejahteraan, dan kemerdekaan.
Allah SWT Berfirman :
Tolong-menolonglah kamu untuk perbuatan yang baik dan taqwa kepada allah. Dan jangan lah kamu tolong menolong kepada perbuatan dosa dan permusuhan. (Al-Quraan Surat Al-Maidah Ayat 3)
Jelas disini islam mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Masih bnyak ayat dan hadis yang menjelaskan hal yang sama.
Kemudian jika kita menilik rasullah dari sejarahnya bagaiman rasulallah mengangkat derajat kaum wanita,  bagai mana rasullallah membangun ekonomi, meluruskan adat istiadat yang salah dll.
Kita tilik lagi khalifah yang 4 dari sejerah, bagaimana mereka membebaskab para budak, bagaiman mereka menyebar luaskan peradaban islam.
Hak ini menunjukkan bahwa islam tidak cukup dengan 5 rukun. Tidak lah sesempit itu. Islam itu rahmatan lillalamin, kebaikan untuk semua hal. Bukan hanya ibadah, tapi, juga ekonomi, Sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, politik, kesejahteraan, kemakmuran, spiritualitas, kenyataan. Dll...
Itu lah...
Mari kita kita meluas dari zona 5 rukun. Jadikan 5 rukun sebagai pondasi dalam mencapai hakikat keislaman itu yang sebenarnya.
#PrediDW

Komentar

Postingan Populer